Proses Penularan Pneumonia Sangat Menakutkan

Penularan pneumonia menakutkan (Foto: Momtastic)

PROSES penularan pneumonia sangat cepat dan berbahaya bagi balita, karena menyerang jaringan paru-paru. Kalau tak segera ditangani, nyawa si balita sulit tertolong.

Dijelaskan Dokter Spesialis Anak dr Nastiti Kaswandani SpA, pneumonia merusak jaringan paru, sehingga susah menyerap oksigen dan mengakibatkan sesak napas akibat terpapar bakteri.

"Penularan pneumonia salah satu hal yang sulit ditebak karena ditularkan melalui udara. Maka potensinya terjadi dari penularan orang dewasa dan anak-anak," ujar dr Nastiti saat temu media di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (6/11/2015).

Pneumonia termasuk salah satu infeksi saluran paru akut (ISPA) yang berlangsung cepat mulai dari 7-14 hari masa penyembuhan. Baca Pneumonia Pembunuh Nomor Satu Balita

"Tapi kalau pasien menderita komplikasi lain nyawanya sulit tertolong. ISPA cukup cepat dalam hitungan hari. Salah satu bahayanya kekurangan oksigen bisa merusak jaringan otak akibat terpapar bakteri," imbuhnya.

Kalau sudah begitu, penanganan dari tim dokter harus segera. Orangtua juga harus mengenali tanda dan gejala pneumonia kurang dari 24 jam.

"Proses penyembuhan tergantung dari daya tahan tubuh si anak. Biasanya orangtua datang ke rumah sakit setelah dua jam si anak sesak napas. Kalau tidak ditangani dalam enam jam pertama, kondisinya lebih memburuk," pungkasnya.

Baca juga :

[SHARE ARTIKEL INI]

Berlangganan Artikel dikirim otomatis di email kamu:

0 Response to "Proses Penularan Pneumonia Sangat Menakutkan"

Post a Comment