Pneumonia Pembunuh Balita Nomor Satu

Pneumonia pembunuh balita nomer satu (Foto: Express)

PNEUMONIA atau dikenal dengan istilah radang paru-paru, merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi oleh mikroorganisme. Umumnya penyakit ini sering mengintai bayi dan balita.

Dijelaskan Dokter Spesialis Anak dr Nastiti Kaswandani SpA, pneumonia dapat merusak jaringan paru-paru yang menjadi tempat pertukaran oksigen. Akibatnya suplai oksigen pun terganggu dan membuat napas anak tersengal-sengal, sehingga memicu kematian anak apabila sudah terjadi pneumonia berat.

"Ciri khas Indonesia masih memiliki banyak masalah infeksi. Pneumonia adalah salah satu penyakit akibat infeksi dan menjadi sillent killer nomor satu bagi balita," ungkap dr Nastiti saat temu media di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (6/11/2015).

dr Nastiti menambahkan, sekitar 1,1 juta balita meninggal dunia karena pneumonia, yang merupakan 18 persen penyebab kematian secara keseluruhan. Sementara 99 persen kematian pneumonia terjadi di negara berkembang. Baca Proses Penularan Pneumonia Sangat Menakutkan

"Bahkan setiap satu jam dinyatakan ada empat sampai enam balita meninggal dunia," imbuhnya.
Pneumonia dapat dicegah dengan memberi ASI eksklusif kepada bayi, melakukan imunisasi lengkap, menghindari asap rokok, dan menjauhi orang-orang yang infeksi seperti flu. Karena itu merupakan faktor risiko yang dihadapi anak-anak yang memiliki imunitas rendah

Baca juga :

[SHARE ARTIKEL INI]

Berlangganan Artikel dikirim otomatis di email kamu:

0 Response to "Pneumonia Pembunuh Balita Nomor Satu"

Post a Comment