Pemakaian Listrik Wajar tapi Tagihan Membengkak, Ini Alasannya





Pencabutan subsidi listrik tentu akan membuat pelanggan listrik khusunya pascabayar, merogoh kocek lebih banyak untuk membayar biaya bulanan. Sebab membayar listrik adalah pengeluaran wajib yang harus dibayarkan.

Namun, pernahkah Anda merasa terkejut saat membayar listrik ternyata membengkak lebih banyak dari biasanya?. Tentu Anda akan kaget dan bertanya-tanya mengapa tagihan bisa membengkak.

Berdasarkan informasi yang diragkum citizen6 dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu penyebab tagihan listrik Anda membengkak. Beberapa penyebabnya:

Pertama, rumah yang Anda tempati sekarang barangkali sebelumnya pernah kosong beberapa bulan. Jadi ketika Anda membayar tidak sesuai dengan yang tertera di meteran. Hal itu merupakan akumulasi dari bulan-bulan sebelumnya.

Kedua, pembengkakan biaya bisa terjadi karena petugas pencatatan listrik yang datang ke rumah lalai dalam mengecek meteran listrik. Bisa jadi karena menganggap rumah dalam keadaan kosong. Tagihan sebelumnya tiba-tiba dimasukkan ke tagihan bulan ini oleh PLN.



Ketiga, pembengkakakn juga bisa terjadi karena pembatas listrik sering naik turun di rumah. Keempat, pembengkakan bisa saja terjadi karena pemakaian yang tiak kita sadari, misalnya di rumah Anda sering menggunakan AC dan lupa tidak mematikannya.

Terakhir, ada kemunginan terburuk yakni, pencurian aliran listrik di rumah Anda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memeriksa instalasi listrik di rumah Anda, jika dirasa ada yang ganjil segera laporkan ke petugas.

Sebenarnya, jika Anda ingin mengetahui kisaran tagihan listrik Anda bulan ini, Anda bisa menghitung sendiri dengan cara menghitung angka kWh yang tertera di meteran dan dikalikan harga per kWh. Hitung jumlah total tagihan minimal kemudian bandingkan angka pada perkiraan tagihan minimal dan jumlah tagihan bulan terakhir yang membengkak.

Apabila berbeda jauh dan terbukti membengkak jangn panik, Anda bisa langsung menanykan kembali ke call centre atau PLN terdekat. Jika Anda ingin tagihan normal lagi, lapor ke call centre atau PLN terdekat untuk mencatatkan nilai stand APP (alat Pembatas dan Pengukur).

Baca juga :

[SHARE ARTIKEL INI]

Berlangganan Artikel dikirim otomatis di email kamu:

0 Response to "Pemakaian Listrik Wajar tapi Tagihan Membengkak, Ini Alasannya"

Post a Comment