Hati-Hati Jika Perutmu Kembung, Bisa Jadi Kalian Kena Penyakit Ini


Kembung biasanya diidentikan dengan ketidaknyamanan karena perut penuh dengan gas disertai dengan sendawa atau perut berbunyi.

Namun, kembung juga dapat menunjukkan masalah kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tahu gejala-gejala apa saja yang dapat dideteksi dari kembung.

Berikut penyakit serius yang dapat dideteksi dari kembung

Penyakit hati

Perut kembung bisa menjadi hasil dari penyakit hati atau sirosis yang biasanya disebabkan oleh kanker, hepatitis, atau terlalu banyak minum alkohol. Hati lebih rentan terhadap kerusakan karena bertindak sebagai penyaring dari sel-sel kanker dari organ lain. Ketika sel-sel kanker masuk ke aliran darah, mereka harus melalui hati sebagai penyaring. Gejala lain dari penyakit hati adalah kulit atau mata menguning.

Kanker usus besar

Kanker usus dapat memblokir bagian dalam usus besar, sehingga menimbulkan kembung. Bahkan, kembung mungkin satu-satunya gejala awal dari kanker usus besar.

Kanker pankreas

Kembung dapat dijadikan salah satu gejala yang mungkin mengindikasikan kanker pankreas, selain penyakit kuning, penurunan berat badan, nafsu makan yang buruk, dan nyeri perut bagian atas yang menjalar ke belakang.

Kanker perut

Kanker jenis ini biasanya tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, atau menyebabkan gejala samar seperti kembung, gangguan pencernaan, dan perut kembung di bagian atas. Hal ini mirip dengan kanker pankreas karena hanya memberikan gejala yang lebih serius seperti penurunan berat badan, mual dan sakit perut pada tahap yang lebih maju.

Kanker ovarium

Kembung terus-menerus, merasa kenyang lebih cepat, dan nyeri pada panggul adalah gejala khas dari kanker ovarium.

Kanker rahim

Selain kembung, kanker rahim juga dapat dideteksi oleh perdarahan abnormal pada vagina, keputihan berair atau berdarah, nyeri panggul, sakit jika berhubungan seksual atau buang air kecil.

Ascites

Ascites adalah akumulasi abnormal cairan dalam rongga perut biasanya dipicu oleh penyakit hati. Kondisi ini menyebabkan kembung, dan mengalami peningkatan berat badan. Apalagi jika kembung disertai dengan penyakit kuning, maka dapat menunjukkan kanker yang menyebar ke hati. Asites juga dapat terjadi dengan bentuk yang lebih ringan dari penyakit hati seperti hepatitis.

Diverticulitis

Diverticulitis adalah peradangan divertikulum, biasanya dalam usus, yang menghasilkan kembung, demam, dan sakit perut serta nyeri disertai diare atau sembelit.

Penyakit radang panggul

Penyakit menular seksual seperti klamidia atau gonore dapat menyebabkan penyakit radang panggul, yang terjadi ketika salah satu organ reproduksi wanita, seperti lapisan rahim, saluran telur, indung telur. Kembung yang disertai dengan demam, nyeri di daerah panggul merupakan gejala khas penyakit radang panggul.

Penyakit Crohn

Crohn adalah penyakit autoimun biasanya mempengaruhi sistem pencernaan, terutama usus kecil atau usus besar. Kembung adalah salah satu gejala awal yang biasa terjadi pada penderita Crohn.

Baca juga :

[SHARE ARTIKEL INI]

Berlangganan Artikel dikirim otomatis di email kamu:

0 Response to "Hati-Hati Jika Perutmu Kembung, Bisa Jadi Kalian Kena Penyakit Ini "

Post a Comment